Jumat, 24 Agustus 2012

Air Putih, Pengganti Obat Sakit Kepala

Kepala terasa nyeri dan Anda tak bisa menemukan obat pereda rasa sakit? Segera cari air putih dan minumlah hingga rasa nyeri mereda. Ini merupakan 'obat' paling mudah dan murah untuk meredakan sakit kepala dan migrain.

Tim peneliti dari Universitas Maastricht, Belanda, menemukan, pasien sakit kepala yang minum tujuh gelas air putih setiap hari, nyerinya bisa berkurang. Peneliti, seperti dilansir dari Daily Mail, awalnya melihat kondisi pasien yang mengungkap kalau dengan minum banyak air putih, migrain mereka berkurang.

Kepala peneliti, Dr. Mark Spigt, dan timnya melibatkan 100 orang pasien yang mengalami sakit kepala secara terus menerus baik dalam tingkat parah maupun sedang. Mereka lalu menginstrusikan pada pasien untuk menekan risiko munculnya sakit kepala dengan mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur dan menghindari kafein.

Sebanyak 50 pasien juga diminta untuk minum air putih 1,5 liter setiap hari selama tiga bulan. Setelah tiga bulan, seluruh pasien lalu mengisi kuesioner Migraine-Specific Quality of Life, untuk mengetahui apa yang mereka rasakan setelah tiga bulan.

Hasilnya, seperti yang dipublikasi dalam Journal Family Practice, pasien yang diinstruksikan untuk mengonsumsi lebih banyak air putih, skor kuesionernya lebih tinggi. Ini berarti, minum air putih bisa membantu pasien sakit kepala menahun untuk meredakan rasa nyerinya.

"Kami memperkirakan, beberapa pasien sakit kepala memperoleh dampak positif dengan minum air putih. Tampak sangat beralasan merekomendasikan mereka untuk lebih banyak minum air putih selama beberapa waktu, untuk mengurangi munculnya sakit kepala," kata Dr. Spigt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar